Sabtu, 26 Februari 2011

Study Kimia Online yukz.....

Belajar Kimia Online Menggunakan Visionlearning


Satu lagi sumber belajar kimia (juga sains lainnya) di Visionlearning (bukan vision learning). Visionlearning merupakan sumber pendidikan (tepatnya media pendidikan) yang bisa dimanfaatkan secara gratis bagi siapa saja yang berminat menggunakannya, baik siswa dan guru. Bahkan ini merupakan kelas online, dimana guru bisa menggunakannya untuk mengontrol aktivitas siswa yang belajar menggunakan situs ini. Di situs ini disediakan modul-modul pembelajaran sains  yang diklaim dengan kualitas tinggi dan lebih efektif dibanding buku teks. Visionlearning ini didirikan oleh National Science Foundation.
Di Visionlearning, telah dikembangkan materi-materi pelajaran yang berupa modul, multimedia interaktif (dengan flash) dan juga glosarium – semua tersedia secara gratis di situsnya. Kita (guru) bisa menggunakan secara individu dan dapat memodifikasinya dalam kelas online. Silahkan baca prosedur untuk bisa mendaftar dan memanfaatkan layanan ini.

Saya telah mencoba mendaftar dan menyiapkannya untuk kelas saya nantinya. Kimia adalah pelajaran yang saya ajarkan, maka fokus informasi yang saya berikan hanyalah untuk pelajaran kimia saja. Selain modul yang tentu saja kita bisa cetak, juga ada latihan soal (kuis), serta berbagai tautan terkait bahasan yang disajikan. Yang menarik adalah disediakannya animasi-animasi yang cantik yang mendukung proses pemahaman konsep. Untuk animasi-animasi ini dengan trik tertentu kita bisa menngunduhnya dan memodifikasinya (sebab file flash tersebut ada water mark unauthorized use).
Bahasan yang saat ini tersedia antara lain:
Bahasan yang ada di Visionlearning ini sangat cocok untuk pelajaran kelas-kelas awal (kelas X). Kita dapat memilih (meng-customize) modul-modul mana saja yang akan kita pakai di kelas online  kita.
Bagi rekan guru yang berniat mendaftar silahkan mempelajari terlebih dahulu halaman pertolongan (Help) ini.
Selamat mencoba!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar